Langsung ke konten utama

Idul Adha: Khotib yang tidak tahu permasahan perbedaan

Idul adha menjadi momen suci bagi kaum muslim sedunia. Seperti halnya hari raya idul fitri, hari ini menjadi waktu berkumpulnya keluarga dan kerabat-kerabat dekat. Mereka tidak sedikit yang berbeda faham, ideologi, dan pendapat. Namun, bagaimana yang akan terjadi jika ternyata ada orang yang mengklaim dirinya paling benar dan tidak menghargai pendapat orang lain?

Tidak Seharusnya Membakar yang Lain
[http://nietroozz.blogspot.com/2005_07_01_archive.html]

Kemarin, saya pergi mengunjungi seorang kawan di Probolinggo. Hari itu bertepatan dengan hari Jum’at sekaligus menurut penanggalan qomariyah, adalah hari tarwiyah. Ada juga yang menyebutnya Arofah. Perbedaan penanggalan ini sudah umum terjadi. Dan banyak orang sudah mulai terbiasa dengan perbedaan tanggal-tanggal qomariyah. Seperti halnya hari raya idul fitri kemarin. Banyak orang tak lagi mempermasalahkannya. Mereka tetap menjalankan ibadahnya masing-masing, sesuai dengan keyakinan kelompoknya masing-masing.

Hanya saja pada hari itu, ketika saya mengikuti khotbah Jum’at di salah satu Masjid di Probolinggo, khotib berbicara seolah permasalahan tanggal ini tak pernah terjadi. Dia mengajak jama’ah sholat Jum’at menyangsikan keyakinan kelompok muslim yang berbeda pendapat dengan dia. Saya sangat geram mendengar khotbah itu.

Awalnya saya tidak ingin mendengarkan khotbah. Kondisi tubuh saya sedang tidak baik. Tiga kali saya muntah-muntah waktu mau berangkat ke Probolinggo dari Jember. Saya ingin tidur merasakan dinginnya lantai masjid, dan suara khotib yang biasanya sayup-sayup melenakan. ‘Ini waktu yang tepat buat tidur,’ pikirku. Suara pengeras suara tidak begitu jelas, saya melihat banyak orang di shaf-shaf lainnya sudah banyak yang tertidur. Pas sekali, tidak akan ada yang menegur.

Sayup-sayup suara khotib membuatku penasaran. Saya melihatnya. Tipikal mukanya sering saya lihat. Berjenggot panjang dengan noda hitam di jidatnya. Biasanya tipikal wajah itu sering melakukan tindak kekerasan mengatasnamakan agama. Saya mulai fokus mendengarkan.

Dia mengatakan kalau di Mekah sana sekarang sudah hari Arofah, di mana besoknya sudah masuk hari raya Idul adha. “Semua muslim di dunia harus mengikuti waktu mekah,” lanjutnya.

Mendengar itu perasaan saya sudah mulai tidak enak. Masjid yang saya tempati itu mungkin saja sudah kemasukan orang-orang Islam ekstrimis. Atau malah memang masjid itu adalah masjid mereka. Saya ingin sekali keluar dari sana.

“Kita harus mempertanyakan keyakinan mereka, yang masih berpuasa pada hari Sabtu besok!” katanya dengan mantab.

Mendengar kata itu saya hampir tidak bisa menahan emosi saya untuk keluar dari sana. Tapi hal itu tidak saya lakukan. Saya berjanji jika nanti menemukan namanya saya akan mengirimi surat. Yang isinya akan mengutuk kebodohannya. Tapi, ternyata saya tidak menemukannya di Masjid itu, saya pun langsung pergi meninggalkan masjid itu secepatnya setelah selesai sholat Jum’at.

Saya tidak habis pikir, kemana orang itu ketika di banyak media gencar diberitakan tentang perbedaan-perbedaan yang terjadi pada momen-momen hari raya muslim. Kenapa dia masih saja berbicara seolah dia orang paling benar? Saya tidak habis pikir juga ketika pada usia yang kira-kira sudah 35 tahun itu, pikirannya masih seperti anak kecil yang lulus SD pun belum.

“Kurang ajar! Khotib tadi ngajak perang jama’ah Jum’at,” saya mengumpat di depan teman-teman.

“Emang apa isi khutbahnya tadi? Saya tidak dengar,” kata teman saya.

‘Untunglah, berarti banyak orang juga tidak mendengar. Tiga orang ini saja tidak dengar,’ pikir saya.

“Khotib itu goblok. Nggak paham pluralisme. Masak dia ngatakan kalau orang-orang yang masih puasa besok harus dipertanyakan keyakinannya. Masih untung puasa, wong itu puasa sunah,” ungkap saya.

Teman-teman saya pun sebenarnya sudah memahami tentang perbedaan yang selama ini terjadi. Mereka sudah terbiasa. Dan pasti begitu juga dengan banyak orang lainnya. Hanya orang-orang tertentu saja yang merasa paling benar, yang berbicara seperti itu. Pasti ada kepentingan di balik perkataan yang bisa berdampak pada terpecahnya ketentraman itu. Apalagi dia sebagai seorang yang di mata masyarakat adalah pemimpin. Berada di atas mimbar yang tidak semua orang bisa melakukannya.

Saya tidak tahu apakah masyarakat sekarang sudah mempunyai ruang dialektis di antara mereka. Yang saya temukan, kebanyakan masyarakat cenderung rensponsif ketika mendengar pernyataan dari pemuka agama, atau tokoh masyarakat lainnya. Penguasa, baik dari level palingkecil sampai elit politik seakan begitu mudahnya mengehegemoni masyarakat. Ruang dialektis masyarakat masih saja belum terbentuk. Jadinya, seorang penguasa bebas berkata apa saja, tanpa takut perkataannya terbantah.

Namun, saya juga menemukan, bagaimana sebuah media sosial seperti twitter, menjadi forum bagi masyarakat yang sudah mulai melek terhadap permasalahan sosial. Dua kondisi itu memang berbeda konteks tempat. Bisa saja secara gerakan masyarakat masih sangat pasif, tetapi sebaliknya kecenderungan mereka sangat aktif di ruang media sosial.

Kembali pada peristiwa yang saya temukan itu. Tentang kebebasan berpendapat memang sudah tak ada yang membatasi. Setiap orang bisa berpendapat apa saja. Hanya saja apakah mereka, khususnya khotib itu, tidak menggunakan nuraninya ketika berbicara seperti itu di depan khalayak? Apakah mereka hanya mementingkan kepentingan kelompoknya? Apakah dia akan senang, jika nantinya terjadi tindak kekerasan kepada kelompok lainnya? Apakah pertanyaan-pertanyaan seperti ini sempat terpikir olehnya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGAJAR SESUAI DENGAN KEBUTUHAN BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA

Oleh : Ardhika Yusuf Bakhtiar Pendidikan adalah hak bagi setiap individu, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan pendidikan khusus seperti tunagrahita. Tunagrahita adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan individu dengan keterbatasan intelektual yang signifikan. Dalam memberikan pendidikan kepada siswa tunagrahita, penting bagi para pendidik untuk mengadopsi pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Salah satu pendekatan yang efektif adalah mengajar sesuai kebutuhan siswa. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pentingnya pendekatan ini dalam konteks pendidikan khusus tunagrahita. Mengajar sesuai kebutuhan siswa adalah pendekatan yang menekankan pada individualitas dan keunikan setiap siswa. Dalam konteks pendidikan khusus tunagrahita, setiap siswa memiliki kebutuhan dan potensi yang berbeda. Oleh karena itu, pendekatan ini memperhatikan perbedaan individual dalam kemampuan belajar, minat, gaya belajar, dan tingkat perkembangan. Salah satu langkah penting dalam mengaj

TV, Kipas Angin, dan Galon yang Lepas

Seperti biasa, ketika emosi meluap seperti ini aku sulit mengeluarkan beban pikiran. Aku cenderung akan diam lama. Wajah dan tubuhku semakin lemah, jika penyakit sedikit saja menyerang bisa-bisa aku akan terserang demam. Meski tidak pernah sampai opname, demam seperti ini membuatku harus istirahat total, untuk sehari penuh. Semoga saja menulis bisa menjadi alternatif obat. Hampir sebulan lalu, seorang teman bernama Nita, mengabari sesuatu yang membuat Macapat bisa tersenyum sangat lebar. Dia mengatakan bahwa kakak sepupunya akan memberikan TV, kipas angin, dan galon untuk Macapat secara cuma-cuma. Barang-barang itu akan melengkapi fasilitas Macapat dan dalam bayanganku sendiri Macapat akan menjadi lebih nyaman. Di lain sisi memang Macapat masih sangat kekurangan biaya. Namun untuk mendapatkan barang-barang itu kami harus mengambilnya ke Surabaya. Jarak Jember kesana memakan waktu 5 jam. Untuk mengambil barang-barang itu pun kami harus membawa mobil. Kalau naik kendaraan umum b

Mulai Tulis "Aku"

Aku baru ingat, aku jarang sekali menulis kata "aku". Dari hari ke hari, aku selalu menulis. Namun kata ganti pertama itu, selalu aku jauhi. Malah semakin jauh dari menulis kata aku, semakin lebih baik. Tidak adanya kata aku dalam tulisanku hanyalah sebuah keharusan semata. Pekerjaan memaksaku untuk menjadi orang lain. Aku tidak bisa mengemukakan pendapatku sendiri, meski aku yang menuliskannya.  Tapi persoalan larangan menulis aku secara eksplist maupun implisit, masih dalam perdebatan. Sebenarnya bisa saja, aku menulis tanpa menyertakan kata aku, tapi itu adalah aku. Hanya konteksnya berbeda. Aku dalam "aku" dan aku dalam kalimat-kalimat penunjang aku berbeda fungsi. Ah, semakin rumit saja. Seorang kawan bertanya, "Terus bagaimana kabarmu? Ceritalah" Pertanyaan itu membuatku agak bingung. Apakah memang sebenarnya aku butuh untuk cerita tentang aku? Sedangkan aku sendiri tidak pernah menginginkan untuk kuketahui sendiri bagaimana aku ini.